Pelatihan Pemanfaatan E-Jurnal Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Kreatifitas Lulusan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kreatifitas mahasiswa UNUSA Perpustakaan UNUSA mengadakan pelatihan e-jurnal yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh program studi. Tidak hanya diperuntukkan pada mahasiswa saja namun kegiatan ini juga melibatkan dosen sebagai pesertanya. Kegiatan pelatihan ini terselenggara atas kerja sama Perpustakaan UNUSA dengan ProQuest salah satu e-jurnal yang dilanggan oleh Perpustakaan UNUSA. Pelatihan ini dibawakan oleh Bapak Dwi Janto Suandaru, S.E selaku staf ahli dari ProQuest. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 18 November 2016 dibagi menjadi dua sesi untuk dosen dan mahasiswa. Materi yang disampaikan seputar penggunaan ProQuest untuk mencari referensi dalam bentuk jurnal, laporan, majalah dan berbagai bentuk sumber lain yang tersedia didalam database. Untuk mencari sumber referensi yang lebih luas dengan berbagai database maka dapat log in ke  Perpustakaan Nasional link tersebut ada di website Perpustakaan UNUSA http://library.unusa.ac.id.  Berikut beberapa arahan yang diberikan :

Langkah-langkah log in dengan akun yang dimiliki UNUSA dan Perpustakaan Nasional. Sebelum memulai pencarian pada database ProQuest tentunya terlebih dahulu harus log in dengan menggunakan username dan password. Username dan password ini bisa didapatkan dengan mendatangi Perpustakaan Unusa.

Mengubah tampilan bahasa Inggris pada halaman ProQuest. Pada halaman awal “log in”, bahasa dapat diubah ke bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia ataupun bahasa lain yang tersedia.

Melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu secara spesifik misalnya dengan emasukkan keywordnursing” pada kolom pencarian maka akan menampilkan seluruh hasil pencarian pada database yaitu sebanyak 360.973 hasil yang didalamnya terdapat pembahasan tentang keyword tersebut. Langkah yang dilakukan ketika berhasil memperoleh referensi. Ketika sudah mendapat artikel yang dicari maka langkah selanjutnya berada pada keinginan pengguna mau dibaca secara fulltext dalam bentuk HTML atau langsung disimpan dalam bentuk pdf. Penjelasan fitur unggulan yang ada pada ProQuest yaitu adanya pilihan “kutipan” sehingga kita dapat langsung memasukkannya sebagai daftar pustaka pada penelitian dengan menggunakan style APA maupun Harvard dsb. Dan tersedia fitur “email” yang dapat kita share kepada rekan kita sehingga dapat saling bertukar dan berbagi referensi. Penjelasan langkah-langkah untuk publikasi jurnal internasional khusus kepada para dosen yang ingin jurnalnya dipublikasi secara internasional dan ingin ditampilkan pada database ProQuest.

Pelatihan ini berlangsung dengan lancar dan narasumber sangat komunikatif terhadap pesertanya sehingga menciptakan suasana yang serius tetapi santai. Pak Janto selalu membuka pertanyaan pada setiap sesi sehingga peserta dapat lebih memahami bagaimana langkah untuk mencari sumber referensi dengan tepat. Pelatihan ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dan dosen UNUSA dalam mencari data pendukung sebagai acuan bagi mereka yang sedang melakukan penelitian.