Jadikan Membaca Itu Sebuah Hobby

Bagi sebagian orang di era modern memiliki hobi membaca buku sangatlah langka, orang lebih suka memanfaatkan teknologi dibanding membaca buku cetak. Padahal banyak manfaat lain dalam kegiatan membaca buku selain manambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Budaya membaca memang bukan hal pokok karena di era sekarang ini orang lebih memilih untuk menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka. Butuh waktu khusus kadang menjadikan alasan mengapa orang tidak membaca buku, karena membaca buku cetak dianggap memerlukan lebih banyak waktu dibandingkan membaca dengan cara lain, dengan gadget misalnya.  Padahal dalam kegiatan membaca buku cetak, ada manfaat lain yang bisa diperoleh, diantaranya melatih otak agar lebih mudah fokus saat membaca dan lebih menjaga kesehatan mata jika dilakukan dengan benar.

Banyak orang mulai sadar mereka terpapar teknologi secara berlebihan dan mulai mengurangi kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan dengan gadget serta mengembalikannya ke cara-cara alternatif. Jika kamu salah satunya yang ingin menumbuhkan budaya baca buku-buku cetak, kamu bisa coba tips dibawah ini.

Berikut Tips-tips awal menjadikan membaca itu sebuah hobi atau kesenangan bukan keterpaksaan yaitu :

  1. Temukan buku favorit kamu misalnya novel maka fokuskanlah dulu pada buku bacaan yang kamu sukai agar aktifitasmu tidak membosankan selanjutnya baca isi bukunya tidak perlu membaca buku sampai habis tapi resapi dulu isi yang terkandung dalam buku itu setelah itu berikan catatan atau ringkasan dari buku yang kamu baca.
  2. Manfaatkanlah waktu untuk membaca mungkin pada waktu luang daripada kamu tidak jelas mau kemana Carilah waktu luang atau tempat-tempat yang menurutmu nyaman dalam membaca buku entah kamu membaca buku bersama teman kamu.
  3. Jadikan membaca buku sebuah kesenangan bukan keterpaksaan dengan itu kamu akan terbiasa membaca buku dan akan lebih banyak wawasan atau pengetahuan.
  4. Tidak perlu membaca buku setiap hari cukup membaca buku 10-15 menit saja jika sudah lelah maka cukup sebentar saja resapi kata-kata yang terkadung dari buku tersebut maka akan berkesan.
  5. Perbanyak diskusi atau sharing dengan teman atau rekan lainnya dalam hal isi buku mengandung kemungkinan bisa membuat dirimu akan suka dengan membaca.